Categories
Teknologi

Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Laptop Spek Rendah

Editing video kini menjadi skill yang sangat diinginkan banyak orang apalagi seiring berkembangnya teknologi dimana salah satu sektor yang berkembang pesat yakni pada platform berbagi video seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan platform lainnya.

Memang, sekarang ini sudah banyak aplikasi android yang sudah mumpuni dan bisa banget digunakan untuk edit video dan hasilnya juga professional, akan tetapi pada banyak kondisi kita tentu tidak mungkin menggunakan HP Sebagai aplikasi edit video, maka dari itu kita tetep butuh aplikasi edit video di laptop atau PC kita.

Nah masalahnya, kebanyakan aplikasi edit video apalagi yang fiturnya bagus katakanlah adobe after effect, adobe premiere, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi tersebut ukurannya sangat besar dan tidak semua laptop bisa menjalankannya, tapi tenang! Untuk kalian yang spesifikasi laptopnya rendah atau Low Spec, masih ada kok beberapa aplikasi editing yang juga bagus dan recommended untuk digunakan.

1. Camtasia Studio

Perlu digarisbawahi, aplikasi yang satu ini menurut saya pribadi sudah sangat cukup untuk kebutuhan editing, dengan catatan video yang diedit video bergenre tutorial karena di camtasia terdapat banyak fitur yang memudahkan agar kita bisa membuat video tutorial dengan lebih mudah.

Saya pribadi selama ini menggunakan camtasia studio untuk kebutuhan editing di video tutorial HP atau tutorial laptop. Kalau kalian tujuannya adalah ingin membuat video yang memiliki efek-efek sedemikian rupa, camtasia ini kurang cocok.

Saran saya, coba install adobe effect. Lho katanya tadi after effect ukurannya besar dan berat dijalankan di laptop spek rendah mas? Iya, lebih lanjut baca ulasan berikut.

2. After Effect Versi Lama

After effect versi terbaru tentu ukurannya berat banget, saya pribadi pengguna asus ROG Strix G531GD dan tidak menginstall versi baru karena menurut saya terlalu berat, nah solusinya yaitu gunakan after effect versi lama.

Saya pernah pakai after effect CS5 di laptop yang spesifikasinya biasa saja malah terbilang rendah jika dibandingkan dengan rata-rata spesifikasi laptop jaman sekarang, dan hasilnya lumayan lancar untuk ngedit video. Kalau mau lebih lancar lagi bisa install versi sebelumnya lagi yaitu after effect CS4 atau CS3.

Itulah 2 aplikasi edit video ringan untuk PC atau laptop yang spesifikasi rendah, sebagai informasi tambahan saja, untuk kalian pengguna android yang ingin membuat efek bokeh pada video, bisa download aplikasi video bokeh full APK kualitas HD. Efek bokeh merupakan efek autofocus pada objek tertentu di video, jadi bukan Cuma foto saja, tapi kalian juga bisa bikin efek bokeh pada video.

Semoga dengan adanya informasi di atas bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin mendalami skill editing video ya!.

Leave a Reply