Categories
Teknologi

Jenis Alat Ukur Tanah Bedasarkan Fungsi Pemakaiannya

Alat ukur tanah sebagai alat tolong untuk menghitung jarak tanah dari satu titik di titik lain sekalian ada pula yang berperan untuk menghitung sudut kemiringan tanah.

Menurut elemen pembentuk dan pemakaiannya, ada alat ukur tanah simpel dan kekinian. Sedang berdasar modenya, ada 3 jenis alat ukur tanah, yakni alat ukur sederhana, optik dan elektronik.

Pengukur sendiri ialah perlakuan atau kegiatan memperbandingkan suatau besaran yang belum dijumpai nilainya pada besaran yang lain telah dijumpai nilainya seperti misalnya besaran standard. Salah satu contoh pengukur ialah perlakuan menghitung tanah memakai alat ukur tanah.

Nah, pada ulasan ini kali kami ingin menerangkan berkenaan jenis alat ukur tanah berdasarkan fungsi pemakaiannya. Baca keterangan selengkapnya berikut:

Surveying Instrument

Theodolite (Alat Ukur Sudut)

Teodolit ialah alat ukur sudut horizontal dan vertikal hingga pada alat ini ada teropong yang bisa berputar-putar pada dua lingkaran bertaraf, yakni lingkaran bertaraf tegak dan mencatatr. Alat ini termasuk alat berkaki tiga atau lebih detilnya pada operasinya harus memakai kaki tiga atau statif.

Waterpass

Adalah alat ukur menyipat datar dengan teropong, nivo dan sumbu mekanis tegak hingga bisa berputar-putar ka arah horizontal. Alat ini termasuk penyipat datar berkaki tiga. Waterpass berperan untuk menghitung sudat kemiringan tanah.

Total Station

Total Station sebagai kombinasi dari 2 alat yakni theodolite dengan EDM (elektronik distance measurement). EDM sebagai alat ukur jarak yang memakai pendayagunaan gelombang elektromagnetik cahaya infra merah sebagai gelombang pembawa signal pengukur dan ditolong oleh sebuah reflektor berbentuk prisma sebagai sasaran (alat pemantul sinar infra merah supaya kembali lagi ke EDM).

Untuk Anda yang memerlukan alat ukur tanah, atau jual total station bekas, bisa melihat produk yang kami jual di baladsurvey.com.

Survey Tools

Kompas

Komponen kompas ialah jarum dan lingkaran bertaraf. Salah satunya ujung jarumnya dibikin dari magnet yang ditengahnya ada satu sumbu, hingga pada kondisi mencatatr jarum magnet bisa bergerak ke horizontal ke arah arah utara atau selatan. Sama seperti yang kita kenali, kompas berperan sebagai petunjuk arah.

Klinometer

Klinometer sebagai alat ukur tanah yang otomatis berperan tentukan besar sudut elevasi dalam menghitung tinggi satu objek. Dengan klinometer, kita dapat ketahui tinggi bangunana tahu benda yang bediri. Konsep kerjanya dengan manfaatkan sudut elevasi di antara garis datar dan titik pucuk sebuah object.

Baca : Mengenal Leih Dekat Total Station Focus 30 Robotik

Meteran

Meteran kerap disebutkan pita ukur atau tape karena seperti pita dengan panjang tertentu. Kerap disebutkan rol mtr. karena pita ukur ini pada kondisi tidak digunakan atau diletakkan akan membuat gulungan atau rol.

Itulah barusan ulasan berkenaan jenis alat ukur tanah derdasarkan perannya, yang umum digunakan oleh beberapa surveyor dalam menghitung dan memetakkan satu daerah atau tanah.

Bila Anda memerlukan alat survey di atas, Anda bisa mengontak baladsurvey.com. Atau bila Anda ingin jual Total Station, Anda bisa berkunjung halaman kami di baladsurvey.com.

Leave a Reply