Categories
Serba Serbi

Tips Membuat Dinding Beton Ekspos untuk Rumah

Dinding beton ekspos sebagai material yang biasanya ditemui pada design rumah industrial tropis. Selainnya dinding, penampilan beton ekspos ini dapat diterapkan pada sektor seperti, lantai, plafon, dan sebagainya. Coating beton ekspos sebagai salah satunya tehnik finising yang menunjukkan material asli, tanpa finising apa saja.

Dengan ide itu, membuat beton dinding ekspos benar-benar pas untuk rumah industrial imut yang berada di perkotaan. Merilis dari situs supplierkonstruksi.com, penyedia beton ready mix, praktek pemakaian beton ekspos untuk tempat tinggal rupanya telah dilaksanakan dari sejak awalnya era ke-20.

Tips Membuat Dinding Beton Ekspos

Apa kamu tertarik membuat dinding rumah minimalis dengan finising beton ekspos? Untuk memperoleh hasil yang optimal, kamu perlu memerhatikan panduan pembikinan dinding beton ekspos di bawah ini.

  • Material pasir harus dicuci dan diayak
  • Campuran di antara pasir dengan semen untuk plester ialah 1 : 3, atau 1 : 5
  • Dinding yang bakal diplester harus dikasih kepalan tiap jarak 1 mtr., untuk referensi kelurusan dan kesikuan.
  • Yakinkan semua instalasi listrik dan air telah tertancap dalam sektor dinding untuk menghindar tugas pembobokan ulangi.
  • Sesudah dinding usai diplester, minimum 24 jam sesudahnya baru bisa dilaksanakan tugas acian.

Walau penampilannya yang simpel, saat membuat dinding beton ekspos punyai kekurangan dan keunggulannya untuk tempat tinggal, baca penuturannya di bawah ini.

Kelebihan Dinding Beton Ekspos

Saat sebelum kamu memilih untuk mendatangkan beton ekspos pada bagian dinding, sebaiknya kamu memerhatikan lebih dulu kekurangan dan keunggulannya. Berikut kelebihan dinding beton ekspos dibanding material yang lain seperti batu bata, hebel, atau batako.

1. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Gabungan beton dan semen hasilkan ketahanan yang kuat, walau didera cuaca apa saja. Tentunya, opsi yang pas jika beton diterapkan di bagian dinding rumah. Disamping itu, dinding beton termasuk tahan dalam hadapi kerusakaan rengat rambut pada dinding rumah.

2. Minim Biaya Perawatan

Dinding beton ekspos tidak membutuhkan banyak perawatan dan langkah perawatannya juga lumayan gampang. Untuk perawatannya, kamu cuman membutuhkan air dan alat pencuci khusus untuk hilangkan kotoran.

3. Biaya Panel Beton Murah

Keuntungan dinding rumah yang memakai beton ekspos yang lain ialah harga relatif murah. Harga panel beton ringan terkini 2021 untuk dinding sekarang ialah sebesar Rp300 ribuan, masih dapat dijangkau kan?

4. Mampu Membendung Panas dari Luar

Dinding beton ekspos dikenali juga sanggup meredam paparan cuaca panas di luar rumah. Ini berpengaruh pada temperatur dalam ruang masih tetap sejuk dan konstan walau cuaca panas menimpa.

Kekurangan Dinding Beton Ekspos

Rupanya, dinding beton ekspos punyai kekurangannya. Yok baca penuturannya agar kamu makin oke dalam putuskan membuat dinding beton ekspos.

1. Efek Kerusakan Cukup Besar

Walau dikenali mempunyai ketahanan yang kuat, tidak berarti beton ekspos tampil tanpa kekurangan. Sisi dinding beton ekspos rawan hancur karena air dan benda keras, dampak yang diakibatkan akan makin besar jika mode beton kasar ini tidak segera diperbaiki.

2. Memerlukan Perawatan Khusus

Saat proses pembersihan beton ekspos memerlukan sikat kawat dan semprotan air yang besar. Tanpa ke-2 alat itu, tidak mungkin bisa bersihkan kotoran sampai ke antara paling dalamnya.

3. Proses Pengerjaan Sulit

Pada proses penyelesaiannya, finising dinding termasuk mempunyai proses pembuatan yang susah. Diperlukan orang yang pakar dan telah terbiasa melakukannya supaya hasil akhir rata dan rapi.

4. Bikin Ruangan Lembap

Material beton populer dapat membuat suatu ruang jadi lebih dingin, tetapi jika terlampau dingin jadi lembap. Kekurangannya bisa mengakibatkan tingkat kelembapan jadi tinggi, apa lagi untuk cuaca di Indonesia.

Demikian panduan membuat dinding beton ekspos dan kekurangan dan kelebihan dari dinding beton ekspos yang menjadi pemikiran kamu dalam membuat. Mudah-mudahan keterangan yang kami berikan di atas berguna buat kamu.

Leave a Reply