Categories
Serba Serbi

Daftar Peralatan Yang digunakan Dalam Pembuatan Batik Tulis

Membahas soal batik tidak akan meninggalkan Tiap guratan bersambungan kuat dengan hati sanubari si pembatiknya.

Alangkah adiluhung nilai seni batik tulis, ingat begitu besar kearifan yang ada dalam kesukaran pembuatannya dan pemaknaan yang disiratkan.

Tetapi, walaupun corak sama, dua kreasi batik tulis tidak pernah sama persis.

Pola dan ornamenasi yang terdapat di dalam batik mempunyai tingkat komplikasi yang bagus sekali.

Batik mempresentasikan ornamenasi yang unik dan susah dalam corak dan warna dan beberapa bentuk geometris yang ditunjukkannya.

Yok ketahui bahan dan alat apa saja yang digunakan pada proses membatik.

1 Gawangan

Gawangan digunakan untuk mengaitkan dan menghamparkan kain saat dibatik. Design gawangan dibikin sederhana, enteng dan kuat supaya gampang dipindahkan-pindah. Berbahan dibuat dari dari kayu, atau bambu.

2 Bandul

Bandul Perannya untuk meredam kain yang dibatik supaya tidak gampang tergesar tertiup angin, atau karena tarikan sang pembatik secara tidak menyengaja.

3 Wajan

Wajan ialah alat untuk mencairkan malam. Wajan seharusnya bertangkai agar gampang diangkat dan di turunkan dari perapian tanpa memakai alat lain.

4 Kompor

Kompor ialah alat untuk bikin api yang memiliki bahan bakar minyak. Ada pula lho, kompor listrik dan kompor gas khusus untuk membatik. Kamu dapat pilih yang mana saja.

5 Taplak

Taplak ialah kain untuk tutupi paha sang pembatik agar tidak terkena tetes malam panas saat canting ditiup, atau waktu membatik. Juga bisa memakai koran.

6 Saringan malam

Saringan malam ialah alat untuk memfilter malam panas yang banyak kotorannya. Bila malam disaring, karena itu kotoran bisa dibuang hingga tidak mengusik jalannya malam pada cucuk canting saat dipakai untuk membatik.

7 Canting

Canting ialah alat yang digunakan untuk mengalihkan atau ambil cairan malam panas.

Canting dibuat dari tembaga dan bambu sebagai pegangannya. Canting ini digunakan untuk tuliskan skema batik dengan cairan lilin.

Dunia mengaku canting sebagai alat yang lahir dari kearifan lokal asli Indonesia, sisi dari adat seni batik sebagai peninggalan budaya yang tidak berbentuk.

Canting dibikin dengan menimbang akurat supaya malam yang keluar dari mulut canting bisa mengucur lancar hingga hasil pembatikan bisa sesuai yang diinginkan.

Berdasar manfaatnya ada 3 tipe canting: canting untuk menulis atau nglowong, canting untuk nembok, canting untuk isen-isen atau cecek. Ada pula canting cap dan canting listrik.

8 Kain Mori

Kain mori ialah kain yang digunakan untuk bikin batik, biasanya dari katun. Kualitas kain mori berbagai macam, dan macamnya benar-benar tentukan baik-buruknya kain batik yang dibuat.

Mori yang diperlukan sesuai panjang pendeknya kain yang diinginkan. Tipe kain mori yang digunakan untuk membatik ialah: kain primissima (terbaik), prima (sedang), Belacu (rendah), Belacu Abu-abu (jelek).

9 Lilin atau malam

Lilin atau malam ialah bahan yang dipakai untuk membatik. Malam yang dipakai untuk membatik berlainan dengan malam atau lilin biasa.

Malam untuk membatik memiliki sifat cepat meresap pada kain tapi bisa dengan gampang terlepas saat proses pelorotan. 

Malam gampang didapat di pasar tradisionil. Formasi malam dapat berlainan dari wilayah satu dengan wilayah yang lain.

10 Pola

Pola ialah satu motif batik dalam kain ukuran tertentu sebagai contoh pola batik yang bakal dibikin. Skema dapat dibikin langsung pada kain dan juga bisa mengopi dari skema yang telah ada.

11 Pewarna batik

Pewarna batik ialah zat warna tekstil yang bisa mewarnai pada batik. Umumnya bahan warna yang dipakai ialah warna alam dan warna sintetis.

Zat warna sintetis umumnya berbentuk napthol, indigosol, procion,direk dan lain-lain. Sedangkan bahan warna alam berbentuk kulit kayu tingi, kulit kayu tegeran, kayu nangka, daun alpukat dan lain-lain.

Itulah bahan dan peralatan yang dibuat dalam proses pembuatan batik tulis. Jika ingin belajar batik tulis lebih dalam anda bisa berkunjung ke pembatik yang banyak tersebar di daerah Jawa Tengah.

Leave a Reply