Categories
Kesehatan

Cara Menggunakan Minyak Goreng Berulang kali Namun Tetap Sehat

Siapa nih yang telah masak tanpa minyak? Wah, kalaulah ada, tentu sedikit ya, gaes! Agar bagaimana juga, minyak telah jadi bahan dasar saat mengolah. Meskipun dapat ditukar dengan bahan lain, minyak goreng dapat disebut jadi bahan yang tidak tergantikan saat mengolah makanan. Karena itu, harga minyak goreng benar-benar punya pengaruh pada warga langsung.

Meskipun termasuk masih lumayan tinggi, minyak goreng masih jadi opsi. Kemungkinan itu argumennya kamu akan berasa sayang jika harus buang minyak goreng yang baru saja sekali digunakan. Walau sebenarnya, tidak bagus lho konsumsi minyak yang terus-terusan dipakai. Karena itu, saat sebelum kamu memakai minyak berulang-ulang, contoh dech panduan berikut!

Kamu berasa minyak bekasnya masih kebanyakan dan sayang bila dibuang? Telah membeli mahal-mahal, justru dibuang walau sebenarnya baru saja sekali gunakan. Bisa kamu pakai kembali minyak-minyak itu, tetapi ketahui dahulu beberapa saran berikut!

1. Hindari Makanan yang Memunculkan Remah Sisa

Saat sebelum kamu menggoreng, pastikanlah kamu menggoreng bahan yang tidak hasilkan remah tersisa yang kebanyakan ya, gaes. Makin banyak remah tersisa yang rontok sesudah menggoreng, makin susah minyak itu untuk digunakan ulangi karena kualitas minyak gorengnya telah terlampau turun. Bila kamu ingin memakai minyak goreng lebih dari sekali, seharusnya jauhi mengolah beberapa bahan yang rawan tinggalkan tersisa remah.

2. Periksa Lagi Bahan yang Akan Kamu Goreng

Tahu tidak sich kamu jika banyak pula lho bahan makanan yang punyai minyak alami? Bahan makanan seperti ikan dan daging berlemak memiliki kandungan minyak alami yang dapat turunkan kualitas dari minyak tersebut. Karena itu, periksa kembali bahan yang kamu akan goreng. Pakai bahan yang tidak hasilkan minyak alami seumpama tempe, sayur, atau tahu. 

3. Perhatikan Titik Asap Setiap Jenis Minyak

Sebenarnya setiap tipe minyak goreng mempunyai titik asap yang berbeda. Titik asap sendiri mengarah pada temperatur saat minyak goreng mulai berasap saat dipanaskan. Makin rendah titik asapnya, makin gampang juga kualitas minyak itu turun sesudah digunakan menggoreng. Minyak goreng baik seperti olive oil, yang mempunyai titik asap rendah, makin lebih gampang hancur dan turun kwalitasnya diperbandingkan corn oil, canola oil, atau vegetable oil yang mempunyai titik asap semakin tinggi.

Karenanya, jika kamu ingin memakai minyak goreng lebih satu kali, sebaiknya untuk memerhatikan beberapa hal berikut saat menggoreng:

Pakai minyak goreng yang mempunyai titik asap tinggi, seperti minyak kelapa sawit, corn oil, atau minyak sayur.

Lihat temperatur api saat menggoreng.

Upayakan untuk jaga keadaan minyak supaya tidak jadi terlampau panas sampai memunculkan asap.

Saat menggoreng, tambah sedikit garam ke minyak. Ini mempunyai tujuan supaya minyak goreng tidak berbuih dan makanan tidak meletup-letup saat dimasak. Dengan demikian, minyak goreng juga bisa dipakai kembali.

Segera saring minyak goreng yang sudah dipakai untuk buang tersisa makanan pada minyak itu. Karena jika didiamkan, tersisa makanan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan minyak tidak bisa dipakai kembali.

Leave a Reply