Categories
Uncategorized

Macam Macam Amputasi , Lengkap Sesuai Prosesnya Dan Area Yang Diamputasi

Tipe amputasi terdiri jadi dua, yakni berdasar proses amputasi dan berdasar tempat yang diamputasi. Sama seperti yang sudah kita kenali, amputasi ialah proses pengangkatan anggota badan yang disebabkan oleh penyakit atau keadaan tertentu. Cidera fisik adalah pemicu khusus mengapa seorang alami proses amputasi.

 Macam  Macam Amputasi

Tetapi, karena kehebatan tehnologi klinis, banyak alat seperti kaki palsu, tangan palsu, dan sebagainya yang bisa menolong pasien dalam melakukan aktivitas. Saat ini banyak orang jual kaki palsu dan tangan palsu untuk membantu mereka yan membutuhkannya agar bisa beraktifitas. Untuk ketahui selanjutnya tentang amputasi dan beberapa jenisnya, silahkan kita saksikan di bawah ini.

Beberapa Jenis Amputasi Berdasar Proses Amputasi

Berikut sejumlah tipe amputasi berdasar prosesnya:

Amputasi Traumatik

Dalam makna yang luas, istilah amputasi pasti traumatis. Tetapi, tipe amputasi traumatis merujuk pada langkah di mana amputasi terjadi, misalkan kejadian kekerasan tiba-tiba dan tidak tersangka yang mengakibatkan raibnya anggota badan seorang.

Ada beberapa langkah bagaimana amputasi ini bisa terjadi, dimulai dari keadaan yang beresiko tinggi mencelakakan seorang, sampai kecelakaan yang mendadak terjadi dan tidak memberikan keuntungan. Contoh-contoh kejadian yang berpeluang terjadinya amputasi traumatik sebagai berikut ini:

  • Kecelakaan yang mengikutsertakan mesin, kerap kali terjadi pada tempat kerja.
  • Kecelakaan lalu-lintas.
  • Ledakan.
  • Sengatan listrik.
  • Terjepit dalam gedung atau pada pintu mobil.

Amputasi traumatis ialah keadaan yang paling beresiko dan kerap memberikan ancaman jiwa, terlebih bila pasien kehilangan darah. Tetapi, karena perkembangan perubahan dalam pengetahuan kedokteran, karena itu prospect keberlangsungan hidup sudah bertambah cepat. Tenaga kesehatan umumnya cepat datang pada tempat peristiwa, dan kendaraan bisa mengusung pasien lewat darat dan udara.

Pada tipe amputasi traumatis di mana anggota badan tidak dapat kembali dipasang, pasien kemungkinan akan alami operasi pembangunan tulang yang masih ada, bersihkan cedera (debridement), dan menutupnya dengan mengikutsertakan pencangkokan kulit. Keadaan ini dapat memerlukan lebih satu proses bedah.

Amputasi Bedah

Amputasi bedah sudah jadi praktek penting dalam penyembuhan sepanjang beberapa ribu tahun. Pemicu amputasi yang umum terjadi ialah kompleksitas pembuluh darah. Ini terjadi saat suplai darah untuk anggota tubuh sudah raib, dan mengakibatkan tanda-tanda yang lemahkan, yang disebutkan nekrosis (beberapa sel dalam jaringan hidup mati saat sebelum waktunya).

Tipe amputasi bedah terkadang dibutuhkan sesudah seorang menanggung derita cidera traumatis, dan ini dilaksanakan untuk selamatkan nyawa seorang atau benarkan tulang mereka, walau jaringan-jaringan yang cedera kronis tidak bisa dibuat ulangi. Tetapi, amputasi bedah umumnya dipandang seperti opsi paling akhir, apabila anggota badan bisa ditolong karena itu pakar bedah akan melakukan.

Beberapa amputasi bedah bahkan juga dilaksanakan sekian tahun sesudah cidera awalnya. Misalnya, ada orang yang alami rekonstruksi persendian khusus. Tetapi, keadaan mereka lebih buruk dari sekian waktu, hingga pergantian persendian dibutuhkan.

Namun, karena beberapa luka yang dirasakan anggota tubuh sudah menurun, hingga badan tidak bisa meredam operasi selanjutnya hingga amputasi ialah salah satu opsi yang masih ada. Sesudah amputasi bedah berjalan, team klinis akan berusaha untuk selamatkan anggota badan cidera yang lain, terhitung dalam pemakaian anggota badan implan supaya berperan dengan optimal.

Jenis-Jenis Amputasi Berdasar Area Yang Diamputasi

Tipe amputasi berdasar area amputasi, diantaranya:

1. Amputasi Kaki

Amputasi tungkai bawah bervariatif mulai dari pengangkatan beberapa jemari kaki, sampai semua kaki dan sisi panggul. Untuk pahami selanjutnya, lihatlah beberapa jenis amputasi tungkai di bawah ini:

  1. Amputasi sisi bawah kaki.

 Ini umumnya mengikutsertakan pemangkasan satu ataupun lebih jemari kaki. Amputasi ini akan punya pengaruh pada kesetimbangan dan berjalan.

2. Pembelahan pergelangan kaki.

Ini ialah amputasi pada bagian pergelangan kaki, dan orang mampu bergerak tanpa membutuhkan kaki palsu.

3. Amputasi di bawah lutut.

Ini ialah amputasi semua sisi di bawah lutut yang masih menjaga peranan persendian lutut.

4. Amputasi sampai lutut.

Ini ialah pengangkatan tungkai bawah dan lutut secara bertepatan. Kaki yang buntung masih bisa menyokong berat badan bila semua tulang paha dipertahankan.

5. Amputasi di atas lutut.

Ini ialah amputasi kaki yang mengikutsertakan sisi kaki di atas persendian lutut.

6. Pembelahan panggul.

Ini sebagai amputasi yang mengikutsertakan semua sisi kaki dan terhitung tulang paha. Kadang dokter tersisa tulang paha sisi atas dan pinggul supaya mempunyai wujud atau kemunculan yang bagus saat duduk.

7. Hemipelvectomy.

Ini ialah pengangkatan semua anggota badan sisi bawah dan beberapa panggul.

2. Amputasi Lengan

Amputasi lengan bervariatif dari pengangkatan beberapa jemari sampai semua lengan dan sisi pundak. Untuk ketahui selanjutnya, silahkan kita saksikan beberapa jenis amputasi lengan berikut:

Amputasi sisi jemari tangan.

Amputasi bisa meliputi ujung jemari dan sisi dari jemari. Jempol adalaj sisi yang tersering diamputasi, dan raibnya jempol bisa membuat Anda kesusahan untuk memegang dan ambil suatu hal.sebuah hal. Meksipun demikian, ini tidak memiliki arti jika kehilangan jemari lainnya tidak mengganti hidup Anda. Raibnya jemari lain kecuali jempol memang masih membuat Anda bisa memegang, tetapi kurang akurat.

Amputasi metakarpal.

Ini mengikutsertakan pengangkatan semua jemari tangan, namun tetap tinggalkan pergelangan tangan dengan utuh.

Pembelahan pergelangan tangan.

Amputasi ini mengikutsertakan pengangkatan tangan dan persendian pergelangan tangan.

Amputasi di bawah siku.

Ini ialah amputasi anggota badan di bawah siku.

Pembelahan siku. Ini ialah amputasi lengan bawah pada siku.

Amputasi sisi atas siku.

Amputasi ini mengikutsertakan pengangkatan lengan atas.

Pembelahan pundak. Ini ialah pengangkatan semua lengan, terhitung tulang belikat dan tulang leher.

Leave a Reply