Categories
Kesehatan

Titik Pijat Refleksi pada Kaki untuk Berbagai Penyakit yang Bisa Anda Praktikan di Rumah

Berbeda dari tipe pijat yang lain, pijat refleksi adalah tehnik pijatan pada tubuh yang manfaatkan beberapa titik tertentu pada tempat kaki yang dipercayai sebagai wakil keadaan organ dan anggota tubuh.

Menurut pengetahuan penyembuhan Tiongkok kuno, refleksi kaki dipercayai bisa memberikan dampak tertentu pada kesehatan dengan manfaatkan pembaruan saluran energi dalam tubuh yang disebutkan chi, walau tidak bisa diterangkan dengan bukti ilmiah.

Melansir dari gomassageindonesia.com, pijat refleksi memberi dampak pada organ atau sisi tubuh lewat rangsangan mekanisme saraf.

Nah, rangsangan ini akan dikirimkan ke mekanisme saraf pusat. Pijatan ini akan memperlancar saluran darah, pernafasan, tanggapan kebal yang bakal mempengaruhi organ-organ dalam tubuh. Hasilnya, tubuh makin lebih rileks.

Sesungguhnya, pijat refleksi dapat dilaksanakan di beberapa sisi tubuh, tetapi yang paling dirasa manfaatnya ialah pijat refleksi kaki. Titik refleksi kaki kanan atau kiri ini serupa sebuah peta yang tampilkan kisah semua organ di beberapa bagian kaki.

Pada dasarnya, ada empat zone titik refleksi di kaki kiri atau kanan yang hasilkan manfaat berbeda. Nah, berikut ada banyak titik pada tempat kaki yang dapat dipijat berdikari untuk menurunkan permasalahan kesehatan tertentu.

Untuk Mengatasi Sakit Kepala

Saat kamu rasakan kepala berasa berat dan tegang, pencet titik pada bagian atas jempol dan pergelangan kaki. Pijatlah dengan pergerakan memutar secara perlahan-lahan tetapi mendesak kuat sepanjang lebih kurang semenit.

Jika kamu alami migrain di kepala samping kanan, pijatlah titik refleksi kaki kiri di bagian jempol dan demikian demikian sebaliknya. Awalannya, pijatan ini kemungkinan buat tidak nyaman tetapi akan raib perlahan-lahan kok.

Untuk Flu atau Hidung Tersumbat

Saat tubuhmu berasa tidak nikmat dan hidung mampet karena flu, kerjakan pijat titik refleksi di tempat jempol kaki kanan dan kiri, persisnya pada tempat lembah antara jempol dan jari telunjuk kaki. Sisi ini terkait langsung dengan saraf yang bisa buka sumbatan hidung.

Pijat dengan penekanan ke arah arah atas dan bawah secara perlahan-lahan. Kerjakan berulang-ulang karena pijatan ini tidak cuman melegakan napas pada rongga hidung saja, tetapi juga menolong menurunkan sumber pemicu alergi dan flu.

Nyeri atau Kram Perut Karena PMS

Nyeri PMS umumnya dirasakan beberapa wanita saat alami mens pada hari awal atau kedua. Pada beberapa kasus, ngilu PMS ini dapat berasa mengusik sampai susah melakukan aktivitas.

Nah, untuk meredakannya, pijatlah titik di bagian tengah tumit sepanjang lebih kurang tiga menit. Titik ini terkait dengan kelenjar endokrin reproduksi wanita yang menolong menggairahkan pelepasan endorfin, hormon yang bisa menangani bermacam rasa nyeri.

Buat yang Insomnia atau Susah Tidur

Coba tekan kedua jempol kakimu, persisnya pada bagian bawah ujung jempol kaki. Kemudian pijat tersisa permukaan jempol untuk mengendurkan tubuh. Kerjakan dengan berulang-ulang sampai tubuh berasa rileks.

Riset memperlihatkan jika refleksi kaki bisa memberikan rasa tenang dan rileks pada beberapa orang yang menanggung derita insomnia.

Untuk Sakit Gigi

Titik untuk menurunkan sakit gigi ada dalam sisi atas kaki, persisnya antara jari telunjuk dan jari tengah kaki. Pijat dan beri penekanan yang kuat dan konstan di titik pijat ini, tahan sepanjang semenit.

Pijat refleksi sakit gigi pulih saat itu juga ini lebih banyak pantas dicoba. Dari sisi menurunkan sakit gigi, pijatan di titik ini dapat menolong memudahkan sakit rahang atas, sakit kerongkongan, sakit lambung, dan masalah pencernaan.

Untuk Asam Lambung

Tempat ini sebagai titik saraf yang ke arah lambung. Pusatkan pemijatan pada beberapa titik ini sepanjang tiga menit. Melakukan terapi 3x satu hari saat pagi, siang, dan malam saat sebelum tidur sepanjang 3 hari beruntun, selanjutnya teruskan therapy sekali satu hari sampai pulih.

Cara ini bisa juga diaplikasikan untuk pijat refleksi sakit maag atau pijat refleksi sesak napas karena asam lambung.

Untuk Meningkatkan Detoksifikasi pada Hati

Agar performa hari semakin bertambah untuk bersihkan toksin-racun dalam tubuh, berikan penekanan di titik refleksi di bawah jempol kaki atau pada bagian tengah punggung kaki. Mendesak titik ini akan memberikan semburan energi baru yang bakal bersihkan dan mendetoksifikasi.

Pijat refleksi ini bagus untuk yang susah tidur pulas atau sering terjaga melalui larut malam dan berasa susah untuk kembali tidur. Bisa juga berperan sebagai pijat refleksi untuk penekanan darah tinggi.

Saat kamu berasa ada masalah di badanmu, tidakak ada kelirunya coba beberapa pijatan refleksi yang memusatkan pada beberapa titik tertentu di atas. Siapa tahu telah baikan saat sebelum dibawa.

Leave a Reply