Categories
Serba Serbi

Cara Menanam Bunga Matahari dan Jenis Bunga yang Dapat Dimakan

Pecinta bunga matahari termasuk lumayan tinggi karena memiliki bentuk yang cantik hingga sanggup hidupkan situasi. Kecuali jadi bunga potong, Anda dapat memakai bunga matahari untuk percantik rumah dengan menanamnya di pekarangan. Menanam bunga matahari tidak demikian susah, cuman perlu tempat terbuka bebas lindungan.

Bunga matahari dapat ditanamkan di daratan rendah sampai daratan tinggi dengan ketinggian seputar 0—1.500 m dpl. Tempat yang akan dipakai harus dibikin bersih lebih dulu dari gulma dan beberapa puing sisa bangunan supaya akar tanaman dapat tumbuh secara baik. Untuk Anda yang berminat untuk menanam bunga matahari, baca tips yang kami kutip dari beranda52.com berikut ini.

Pengolahan Tanah

Tanah harus dibalik dengan memakai cangkul atau dibajak supaya tanahnya betul-betul subur dan gembur. Seterusnya, beri pupuk kompos kandang sekitar 1/3 dari jumlahnya tanah yang dipakai. Pupuk itu bermanfaat untuk membuat bertambah elemen hara makro dan mikro dalam tanah. Sesudah diberi pupuk, tanah didiamkan sepanjang 7 hari supaya tempat tanam telah betul-betul siap dipakai.

Siapkan Benih

Pakai benih berkualitas bila Anda baru memulai belajar menanam bunga matahari. Masalahnya dengan benih berkualitas Anda tidak pakai repot memberi tindakan khusus supaya tanaman dapat tumbuh. Benih disemai terebih dulu di media semai sepanjang dua minggu. Kemudian, tanaman dipindah ke tempat.

Penanaman Benih

Benih ditanamkan ke lubang tanam yang telah dipersiapkan. Seterusnya, timbun beberapa sisi benih dengan tempat tanam supaya benih bisa berdiri dengan kuat. Penanaman benih seharusnya dilaksanakan saat pagi atau sore hari.

Perawatan

Tanaman bunga matahari perlu disiram tiap hari pagi atau sore hari supaya keadaan tempat tanam masih lembap. Gulma yang tumbuh di seputar tanaman perlu disiangi dengan ditarik. Janganlah lupa untuk kerjakan kontrol tiap hari agar mengetahui lebih awal gempuran hama dan penyakit.

Hama yang umumnya serang bunga matahari ialah ulat daun, ulat ngengat, dan walang hijau. Saat itu, penyakit yang umum serang ialah penyakit layu, tepung embun, alternaria, dan virus tembakau.

Beri pupuk susulan dengan memakai pupuk organik padat atau cair. Bila memakai pupuk organik padat, Anda perlu memberinya tiap sebulan sekali sekitar 3 tutup botol yang dicampurkan dengan10 liter air. Saat itu, bila memakai pupuk cair, beri dua minggu sekali sekitar 3 tutup botol yang dicampurkan dengan 10 liter air.

Nah, sesudah ketahui seperti apakah langkah menanam bunga matahari yang benar dan baik di atas. Kami akan memberi beberapa macam bunga yang dapat dimakan oleh manusia. Apa macamnya? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis Bunga yang Dapat Dimakan

Bunga sama dengan keelokan dan sebagai cikal akan buah. Kecuali jadi tanaman hias, bunga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Tetapi, ada beberapa macam bunga yang dapat dikonsumsi seperti dikutip dari beranda52.com berikut ini.

Bunga Pisang

Kemungkinan Anda pernah dengar kudapan ciri khas Nusantara yang memakai bunga pisang. Umumnya, bunga yang dipakai berawal dari pohon pisang batu atau pisang kepok. Dalam bunga pisang ada sisi yang warna putih, sisi itu yang kerap digunakan sebagai bahan masakan. Saat itu, sisi luar bunga jarang-jarang dipakai karena simak.

Bunga pisang yang akan diproses harus dilayukan lebih dulu sepanjang sehari untuk kurangi getahnya. Dalam bunga pisang ada kandungan serat yang berguna untuk program diet. Kecuali bisa jadi sayur, bunga pisang kerap dibuat jadi abon kering.

Bunga Pepaya

Bunga pepaya sesungguhnya berasa pahit, tetapi beberapa orang Indonesia yang memakai bunga ini untuk dibuat jadi tumisan. Bunga yang bisa diproses ialah bunga jantannya. Bunga pepaya harus direbus lebih dulu, lalu ditiriskan. Kemudian, bunga baru dapat dibuat jadi bermacam jenis menu sajian sesuai hasrat Anda.

Orang Indonesia Timur benar-benar senang dengan bunga ini hingga banyak makanan mereka yang dibuat dari bunga pepaya. Dalam bunga pepaya terdapat senyawa alkaloid, flavonoid, tannin, saponin, steroid, dan rutinitas antoksidan yang baik untuk badan. Kandungan flavonoid dan tannin bermanfaat untuk turunkan kandungan glukosa pada darah.

Bunga Turi

Bunga turi kerap dibuat jadi urap, pecel, atau tumisan. Anda bisa menemui dua tipe bunga turi yang kerap jadi kudapan, yaitu bunga turi merah dan putih. Bunga turi putih seringkali dibuat jadi sayur, walau sesungguhnya bunga turi merah sedap jadi sayur.

Dalam bunga turi ada senyawa anti-oksidan yang baik sekali. Kandungan rendemen alkaloid turi merah termasuk semakin tinggi sedikit dibandingkan turi putih. Konsentrat bunga turi bermanfaat menahan kerusakan sel, sedang senyawa antioksidannya benar-benar bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan badan manusia.

Leave a Reply