Categories
Serba Serbi

Pengertian Matriks dan Jenisnya Terlengkap

Apakah yang dimaksud matriks? Matriks adalah formasi sekumpulan bilangan di dalam satu barisan yang berupa persegi panjang dan ditata berdasar baris dan kolom yang selanjutnya ditempatkan di antara 2 sinyal kurung.

Untuk lebih detilnya karena itu simak ulasan kami berkenaan pengertian Matriks dan macam-macam Matriks berikut di bawah ini.

Pengertian Matriks

Matriks adalah susunan sekumpulan bilangan di dalam satu barisan yang berupa persegi panjang dan ditata berdasar baris dan kolom yang selanjutnya ditempatkan di antara 2 sinyal kurung.

Tanda kurung yang digunakan untuk mengapit formasi anggota matriks itu dapat berbentuk sinyal kurung biasa atau kurung siku. Bilangan pada matriks disebutkan komponen atau elemen matriks.

Kelompok komponen atau elemen yang tersusun secara horizontal disebutkan baris, sesaat kelompok komponen atau elemen yang tersusun secara vertikal disebutkan dengan kolom.

Matriks yang mempunyai m baris dan n kolom disebutkan dengan matriks m x n. Serta dikatakan sebagai matriks yang mempunyai orde m x n. Disamping itu, tulisan matriks memakai huruf kapital dan tebal.

Dalam matematika, matriks adalah formasi bilangan, lambang, atau disebutkan dengan gestur, yang diatur dalam baris dan kolom hingga membuat bangun persegi. Selaku contoh, dimensi matriks di bawah ini adalah 2 × 3, sebab terdiri dari 2 baris dan tiga kolom.

Macam-macam Matriks

Di dunia matematika, matriks terdiri jadi beberapa jenis. Diantaranya yakni matriks persegi, matriks kolom, matriks baris, matriks transpose, matriks diagonal, matriks segitiga atas dan bawah, matriks nol, matriks simetri, dan matriks identitas.

Di bawah ini keterangan macam macam matriks tersebut :

Matriks Persegi

Matriks persegi adalah matriks yang memilki banyak baris dan banyak kolom yang serupa. Pada umumnya, matriks persegi berordo n x n.

Matriks Kolom

Matriks kolom adalah matriks yang cuman satu kolom. Umumnya matriks kolom berordo m x 1.

Matriks Baris

Matriks baris adalah matriks yang cuman mempunyai satu baris. Umumnya matriks baris berordo 1 x n.

Matriks Transpose

Matriks transpose Am x n yang dinotasikan dengan A adalah matriks berordo n x m yang mana baris-barisnya adalah kolom-kolom matriks Am x n.

Matriks Diagonal

Matriks diagonal ini berawal dari matriks persegi. Matriks persegi dikatakan sebagai matriks diagonal jika komponen-komponen (elemen) kecuali komponen diagonal intinya adalah 0.

Matriks Segitiga Atas dan Bawah

Matriks segitiga atas dan matriks segitiga bawah dapat berawal dari matriks persegi. Matriks persegi disebutkan matriks segitiga atas jika semua komponen di bawah diagonal intinya berharga 0.

Kebalikannya, jika semua komponen di atas diagonal intinya berharga 0, karena itu matriks persegi itu disebutkan dengan matriks segitiga bawah.

Matriks Simetri

Misalnya ada matriks A. Karena itu matriks A akan disebutkan matriks simetri jika A’ = A atau tiap komponen-komponen pada matriks A yang terletak simetris pada diagonal khusus berharga sama, yaitu aij = aji dengan i berbeda dengan j.

Matriks Nol

Satu matriks akan disebutkan matriks nol jika semua komponen dari matriks itu yaitu adalah nol.

Matriks Identitas

Matriks identitas adalah matriks diagonal yang mana semua komponen pada diagonal intinya ialah 1. Matriks identitas pada umunya dinotasikan dengan I.

Demikian pembahasan kami berkenaan materi pemahaman Matriks dan jenisnya. Mudah-mudahan menambahkan wacana kalian dan berguna. Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply