Categories
Serba Serbi

Belajar Perkembangbiakan Pada Manusia dan Hewan

Berkembang biak adalah beberapa ciri makhluk hidup. Makhluk hidup berkembang biak agar bisa melestarikan spesiesnya. Perkembangbiakan makhluk setiap tipe makhluk hidup berbeda.

Pada materi pelajaran kesempatan ini, kami akan mengulas mengenai perkembang biakan Manusia dan Hewan. Materi ini kerap jadi soal penilaian harian tema SD saat ujian. Berikut adalah pembahasan selengkapnya :

Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

Manusia alami perkembangan diawali sejak dari manusia lahir sampai mendekati dewasa. Seterusnya manusia lagi berkembang sampai lanjut usia. Pada periode awalnya kelahiran, bayi tumbuh cepat sekali.

Pada umur enam bulan, bayi mulai akan belajar duduk. Pada umur 9 – 12 bulan, bayi bisa merayap. Selanjutnya, bayi belajar berdiri tanpa atau dengan kontribusi. Pada umur 18 bulan, anak dapat berjalan. Anak sudah tahu minimal enam kata.

Perkembangan terus akan berjalan hinggausia 5 tahun. Pada periode kanak-kanak, manusia mulai memikir dan berlaku. Manusia mulai memperoleh pengajaran dan pembangunan personalitas. Ini dikerjakan di sekolah dan rumah.

Sesudah alami permasalahan beberapa anak, manusia alami periode remaja. Selanjutnya, manusia alami periode dewasa. Pada pengalihan beberapa anak ke arah remaja, manusia alami pubertas. Pubertas ialah periode perubahan secara seksual.

Pada anak wanita, pubertas berjalan di antara umur 9 – 13 tahun. Pada periode itu fisik dan mental mereka berbeda. Anak wanita alami perubahan fisik dan pematangan organ reproduksi. Hal itu diikuti dengan berlangsungnya menstruasi.

Pada anak lelaki, periode pubertas berjalan di antara umur 10 – 14 tahun. Pada periode itu, anak lelaki alami perombakan fisik. Mereka alami pematangan organ reproduksi. Hal itu diikuti dengan dibuatnya sel sperma.

Akhir periode remaja disebutkan dengan periode dewasa. Di saat ini perkembangan tinggi tubuh telah prima. Perkembangan tinggi stop pada umur seputar 25 tahun. Umur manusia lagi makin bertambah sampai capai periode tua. Periode tua adalah periode akhirnya perubahan manusia.

Pada periode ini kekuatan organ-organ badan mulai alami pengurangan. Pada wanita, akan berlangsung monopause atau berhentinya menstruasi. Pada periode ini wanita tidak bisa melahirkan.

Perubahan Fisik Anak Laki-laki

Kerap pertambahan umur, anak lelaki akan tumbuh dewasa. Mendekati dewasa seorang anak akan alami periode pubertas. Periode pubertas dengan diawali mulai dibuatnya sel sperma. Sperma dibuat oleh organ kelamin lelaki, yakni testis. Perombakan yang lain yang berlangsung pada anak lelaki ialah seperti berikut.

  • Jakun tumbuh dan suara jadi membesar. Jakun ialah tulang yang mencolok di tengah leher.
  • Kumis dan janggut mulai berkembang
  • Dada akan terlihat lebih sektor.
  • Rambut di ketiak dan di kemaluan mulai berkembang.
  • Organ kelamin jadi membesar.
  • Masa pubertas lelaki diikuti dengan pengalaman mimpi basah. Mimpi basah mengisyaratkan testis telah bekerja hasilkan sperma.

Perubahan Fisik Anak Perempuan

Pada periode pubertas, wanita alami perombakan-perubahan seperti berikut.

  • Payudara mulai berkembang.
  • Pinggul melebar.
  • Rambut di ketiak dan di kemaluan mulai berkembang.
  • Masa pubertas wanita diikuti dengan pengalaman haid atau menstruasi. Haid mengisyaratkan mulai dibuatnya sel telur atau ovum. Ovum dibuat oleh organ kelamin wanita, yakni ovarium.

Perkembangbiakan Hewan

Perkembangbiakan hewan ada dua langkah yakni secara kawin atau generatif dan tidak kawin atau vegetatif.

Perkembangbiakan Secara Generatif

Perkembangbiakan hewan secara generatif berlangsung lewat perkawinan. Perkawinan atau pembuahan ialah peleburan sel kelamin jantan dengan betina.

Pribadi yang dibuat akan mempunyai kombinasi karakter ke-2 induknya. Perkembangbiakan hewan secara generatif ada tiga, yakni bertelur, melahirkan, dan bertelur sekalian melahirkan.

Bertelur (Ovipar)

Ovipar berawal dari kata ovum yang bermakna telur. Ovum (telur) dibuat oleh hewan betina. Ovum akan dibuahi oleh sperma dari hewan jantan. Proses pembuahan dapat berlangsung pada tubuh atau di luar badan induk betina. Pembuahan pada tubuh induk betina diberi nama pembuahan intern.

Pembuahan intern misalkan berlangsung pada reptil dan unggas. Pembuahan di luar badan induk betina diberi nama pembuahan external. Pembuahan external berlangsung pada ikan dan katak.

Melahirkan (Vivipar)

Hewan yang melahirkan ialah terhitung mamalia (hewan menyusui). Mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Contoh mamalia yang hidup di darat ialah kucing, sapi, anjing, kambin. Contoh mamalia air ialah paus dan lumba-lumba.

Mamalia betina hasilkan sel telur. Sel telur itu selanjutnya dibuahi oleh sperma mamalia jantan. Selanjutnya, tercipta zigot (calon bayi). Zigot tumbuh jadi embrio dan berkembang dalam kandungan. Zigot mendapatkan makanan langsung dari induk betina.

Waktu kandungan betina berisi zigot, betina itu disebutkan hamil. Lama periode hamil tiap mamalia berbeda. Sesudah periode hamil usai, mamalia betina akan melahirkan. Saat dilahirkan, bayi mamalia masih memerlukan perawatan induknya. Si induk akan menyusui bayinya dan jaga sampai dapat berdikari.

Bertelur dan Melahirkan (Ovovivipar)

Perkembangbiakan ovovivipar mempunyai ciri-ciri spesial. Pembuahan berlangsung pada tubuh hewan betina. Sesudah berlangsung pembuahan terciptalah telur. Zigot tumbuh jadi embrio dalam telur itu. Makanan zigot hanya cadangan makanan dalam telur.

Misalkan embrio cucut pasir mengonsumsi telur-telur kecil. Telur-telur itu tampil dari aliran telur. Embrio akan tumbuh jadi janin. Janin yang hidup akan tumbuh saat sebelum lahir. Selanjutnya, induk betina akan melahirkan janin yang telah prima.

Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan hewan secara vegetatif ialah perkembangbiakan tanpa ada lewat perkawinan. Jadi, cuman diperlukan satu induk untuk berkembang biak.

Pribadi yang dibuat mempunyai karakter sama seperti induknya. Perkembangbiakan hewan secara vegetatif ada tiga jenis, yakni tunas, fragmentasi, dan partenogenesis.

Tunas

Anemon laut berkembang biak dengan tunas. Tunas anemon laut tumbuh dalam tubuh pada badan induknya. Tunas itu serupa dengan induknya. Tunas selanjutnya pisahkan diri dari badan induknya.

Tunas itu nanti segera dapat hidup berdikari. Hydra berkembang biak dengan tunas. Tunas kecil hydra tumbuh menempel pada induknya. Makin lama tunas itu akan terlepas dari induknya. Tunas itu selanjutnya jadi hewan dewasa yang bebas.

Fragmentasi

Fragmentasi ialah langkah perkembangbiakan dengan pembelahan (memutus) diri. Ke-2 potongan badan bisa tumbuh jadi dua pribadi baru. Cacing gepeng berkembang biak dengan fregmentasi. Coba perhatikan video selain. Video itu menerangkan proses fregmentasi pada cacing gepeng.

Partenogenesis

partenogenesis adalah perkembangbiakan tanpa ada lewat proses pembuahan. Partenogenesis bisa berlangsung walau hewan-hewan itu masih lakukan perkawinan.

Partenogenesis misalkan berlangsung pada kutu daun, lebah, hiu, komodo, dan katak. Partenogenesis cuman berlangsung pada beberapa kondisi spesifik. Komodo betina lakukan partenogenesis cuman saat tidak ada komodo jantan.

Membelah Diri

Perkembangbiakan dengan memisah diri umumnya berlangsung pada hewan tingkat rendah bersel tunggal/protozo. Misalkan amoeba dan paramaecium.

Pemisahan diri biner bila berlangsung pemisahan pribadi jadi 2 pribadi baru, dan disebutkan pemisahan diri multiple (perkembangbiakan dengan spora) bila pemisahan pribadi jadi banyak pribadi, misalkan plasmanium.

Leave a Reply