Categories
Serba Serbi

Peralatan Dapur yang Paling Diperlukan Dalam Usaha Catering

Peralatan dapur jadi satu fasilitas penting yang perlu dipunyai oleh siapa saja yang akan membangun usaha catering. Bermacam perlengkapan ini umumnya terbagi dalam beberapa alat untuk mengolah masakan, alat untuk mengolah, dan alat untuk simpan makanan.

Bicara mengenai perlengkapan dapur untuk usaha katering, akan memerlukan banyak modal untuk memiliki. Bila dana ngepas perlengkapan dapat didapat dengan sewa, juga bisa dengan beli perlengkapan dapur yang tradisionil. Tetapi bila bujet berbelanja perlengkapan cukup, akan lebih bagus bila beli perlengkapan dapur modern.

Peralatan dapur kekinian secara peranan sesungguhnya hampir sama dengan alat dapur konservatif. Bedanya cuman berada pada tehnologi yang dipakai pada alat dapur itu. Makin modern tehnologi yang dipakai, umumnya akan memudahkan dalam pemakaianya.

Secara garis besar, berikut ini Catering Bandung akan memberi uraian beberapa peralatan dapur yang perlu dipunyai untuk menjalani usaha catering.

Peralatan Mengolah Masakan

Perlengkapan dapur yang dipakai untuk mengolah makanan terbagi dalam bermacam perlengkapan yang berperan untuk menggunting, mengiris, melembutkan, dan melumatkan bermacam jenis bahan makanan yang akan diolah.

Bermacam alat dapur untuk mengolah masakan ini ada yang ditangani secara manual atau dengan tehnologi kekinian memakai mesin. Beberapa alat ini misalkan telenan, pisau, penyaring, gelas ukur, timbangan, pemarut, penggiling, cetakan kue dan sebagainya.

Talenan

Talenan ialah satu papan yang umum dipakai untuk menggunting daging atau bahan makanan lain, alat ini umumnya dibuat dari bahan plastik atau kayu.

Bahan telenan tidak dibuat dari bahan logam sebab bila dipakai untuk menggunting bahan makanan, pisau yang dipakai akan tertap terbangun ketajamannya atau mungkin tidak cepat pijakl. Upayakan dalam beli telenan ini diperbedakan di antara telenan untuk menggunting daging dan telenan yang dipakai untuk menggunting sayur.

Pisau

Pisau adalah perlengkapan menggunting yang kehadiranya benar-benar penting dalam aktivitas masak-masak. Pisau yang baik untuk dipakai selaku perlengkapan masak ini pasti yang tajam hingga dapat bisa lebih cepat, enteng, dan gampang dalam menggunting bermacam bahan makanan.

Kecuali pisau pemotong, upayakan mempunyai pisau pengupas yang spesial dipakai untuk menguliti beberapa bahan makanan berkulit tipis seperti tomat dan wortel.

Penyaring

Penyaring adalah alat dapur yang dipakai untuk bermacam keperluan memfilter bahan makanan. Alat saring ini dapat dipakai untuk pisahkan sayur mentah sesudah dicuci sama air, memfilter air spaghetti, atau bisa juga dipakai untuk memfilter mie instant yang sudah diolah dari di panci.

Ada bnayak wujud dan tipe saringan ini, untuk kualitas terhebat umumnya dibuat dari bahan stainless stell, dan ada pula yang dibuat dari alumunium yang berlubang.

Gelas Ukur

Gelas ukur dalam usaha katering diperlukan untuk mengukur bermacam bahan makanan, bumbu-bumbu dan air supaya sesuai jatah resep yang diperlukan.

Dengan alat ini pasti benar-benar menolong dalam jaga kualitas masakan dengan rasa yang lebih konstan. Kecuali gelas ukur, perlengkapan untuk mengukur beberapa bahan makanan bisa juga memakai timbangan kecil.

Penggiling

Penggiling, adalah perlengkapan yang dipakai untuk menggerus dan menambah bermacam bumbu masakan hingga dapat lebih halus dan lembut. Untuk alat penggiling bumbu tradisionil umumnya ibu-ibu memakai “cobek”, untuk yang modern umumnya memakai magis jus.

Selain ke-2 alat itu, spesial untuk menghaluskan kelapa dan bahan umbi-umbian umumnya memakai perlengkapan pemarut dan mesin penggiling spesial.

Cetakan Kue

Cetakan kue, adalah perlengkapan dapur yang dipakai spesial untuk cetak kue saat sebelum diolah. Cetakan kue ini umumnya mempunyai wujud dan ukuran yang bermacam, bergantung dari tipe kue apa yang akan dibikin.

Disamping itu, pemakaian cetakan kue beragam macam, ada kue yang diciptakan saat sebelum diolah, ada yang diciptakan waktu diolah, dan ada pula yang diciptakan sesudah kue diolah.

Peralatan Dapur untuk Memasak

Kompor masak, jadi salah satunya perlengkapan dapur yang perlu untuk dipunyai. Bila secara tradisionil warga dahulu mengolah memakai tungku atau kompor minyak tanah, untuk lebih ringkas Anda dapat pilih memakai kompor kekinian seperti kompor gas atau listrik.

Wajan Penggorengan

Wajan penggorengan, dipakai untuk menggoreng bermacam makanan yang akan dipakai untuk sajian catering.

Ada beberapa merk, tipe bahan dan ukuran wajan penggorengan ini, samakan saja dengan keperluan usaha catering. Untuk memperoleh hasil gorengan yang terhebat, pilih wajan kekinian anti lekat.

Wajan Pemanggang

Wajan pemanggang, dipakai untuk memanggang bermacam tipe makanan seperti sate, bermacam kue dan lain-lain. Alat pemanggang mempunyai banyak macam, ukuran, dan bahan baku yang dipakai. Karena itu samakan dengan keperluan yang ada.

Panci

Panci, mempunyai bermacam jenis wujud, ukuran dan peranan yang lain. Perlengkapan dapur ini banyak dipakai untuk rebus bermacam makanan.

Ada panci yang spesial untuk mengolah makanan berkuah, ada yang spesial dipakai untuk rebus makanan dalam periode waktu yang lama, dan ada pula panci yang spesial dipakai untuk mengolah air minum dengan jumlah banyak.

Oven Microwave

Oven microwave adalah alat dapur yang dipakai untuk bikin makanan seperti kue, roti atau yang lain. Bila zaman dahulu oven masih memakai kompor api, sekarang ini banyak telah beredar oven microwave yang bertenaga listrik atau gas elpiji.

Ketel

Ketel pemasak air, adalah perlengkapan dapur yang dipakai untuk mengolah air minum, ada bermacam ukuran dan bahan yang dapat diputuskan.

Untuk usaha catering umumnya memakai ketel ukuran besar atau bahkan juga memakai panci besar supaya proses mengolah air minum dapat dikerjakan secara cepat dalam ukuran yang banyak.

Itulah tadi beberapa perlatan dapur yang di jelaskan oleh Catering Bandung dan sangat dibutuhkan dalam usaha catering yang ingin Anda jalankan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply